Job Safety Analysis

Posted on Updated on

job-safety-analysis.doc

File ini berisi panduan peLaksanaan JSA

About these ads

6 thoughts on “Job Safety Analysis

    M. Ali said:
    November 20, 2007 pukul 1:17 pm

    mohon saya diberi prosedure pembuatan JSA yang benar, termasuk siapa yang menjadi ketua dalam TIM penyusun JSA dan anggotanya.
    terima kasih sebelumnya karena saya ingin belajar tentang safety

    noorfitrihana responded:
    November 22, 2007 pukul 8:14 am

    JSA adalah bagian dari pelaksanaan K3 di perusahaan. Jika perusahaan komitmen melaksanakan K3 umumnya perusahaan membentuk TIM K3 yang sering disebut P2K3. Siapakah unsur-unsur K3 dari dokter perusahaan, manajer, supervisor hingga ke pekerja dll sesuai kondisi dan kebutuhan. Siapakah ketuanya ya tinggal dipilih siapa yang berkompeten dan ada kemauan. Bagaimana membuat jSA anda bisa memulai melihat langsung di tempat kerja dari SOP kerja, lingkungan kerja dan perilaku karyawan yang membahayakan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja. Untuk memudahkan bisa digunakan dengan wawancara terhadap pekerja, pengamatan lingkungan dan SOP dkecelakan apa yang sering terjadi mengapa terjadi demikian dan tanyakan mengapa sampai 5 kali (investigasi) sehingga akar masalah penyebab kecelakaan ditempat kerja dapat ditemukan.

    noor fitrihana responded:
    November 22, 2007 pukul 1:11 pm

    untuk mencari contoh JSA coba anda search di google dengan keyword “Job Safety Analisys PDF’”. umumnya perusahaan yang mnegimplementasikan K3 membentuk Tim K3 (P2K3) unsusr-unsur yang ada di dalamnya top manajemen, dokter perusahaan, supervisor, pekerja dan lain-lain sesuai kebutuhan.Siapa ketuanya dipilih yang berkompetensi dan berkomitmen tentunya harus full dukungan dari top manajemen.

    yoserizal_yuska said:
    Desember 13, 2008 pukul 7:51 am

    Penjelasan yang sangat bagus dari mbak eh salah ibu noorfitrihana mengenai bagaimana cara membuat JSA. tetapi untuk sistem pekerjaan berdasarkan work request yang banyak dalam satu pekerjaan bagaimana cara mensiasati waktu yang terbatas dalam pembuatan JSA tersebut

    adhie syahputra said:
    Mei 6, 2009 pukul 11:29 am

    bu norr fitrihana, bisa ngejelasin reaski antara kain katun yang di mordanting pake tawas dan natrium karbonat, penting bgt

    Morgan said:
    September 18, 2009 pukul 12:59 am

    Yang perlu kita tahu dalam pembuatan dan penulisan JSA ada beberapa hal penting yang tidak bisa di tinggalkan yakni : Orang yang mengerti proses JSA, Pengawas kerja lansung, Ahli K3 dan Tenaga ahli lain nya seperti Safety Inspector, ahli kimia, ahli power boiler (tenaga ahli disesuikan dengan pekerjaan yang akan dibuat JSA nya). Ketua Team sebaiknya adalah pengawas lansung atau supervisor yang terkait JSA dan angota seperti yang tersebut diatas ditambah dengan tenaga skill lain yang terlibat pekerjaan.
    Ada tiga cara pembuatan JSA : 1. Observasi Lansung. 2. Berdasarkan pengalaman dan 3. Group Diskusi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s