ANALISIS PERANCANGAN KERJA

Posted on Updated on

ANALISIS  PERANCANGAN KERJA 

Prinsip perancangan kerja manual   pada umumnya :

1.      Menggunakan kekuatan dan keterbatasan tubuh manusia

2.      Pengaturan kondisi temat kerja (lingkungan kerja

3.      Perancangan peralatan dan mesin kerja

Perancangan kerja manual didasarkan pada prinsip pengetahuan gerakan dan ekonomi gerakan yang diperkenalkan oleh Frank. B Gilbret. Ada 17 gerakan dasar dalam perancangan kerja yang disebut Therbligh yang meliputi: 

  1. RE = Reach (menjangkau)
  2. M = Move (Membawa)
  3. G = Grasp (Memegang)
  4. RL = Release (Melepas)
  5. PP = Pre-position (Pengarahan Sementara)
  6. U = Use (Memakai)
  7. A = Assemble (Merakit)
  8. DA = Disassemble (Lepas rakit)
  9. S = Search (Mencari)
  10. SE = Select (Memilih)
  11. P = Position (pengarahan)
  12. I = Inspect (Memeriksa)
  13. PL = Plan (Merencanakan)
  14. UD = Unavoidable delay (Kelambatan yang tak terhindarkan)
  15. AD = Avoidable delay (Kelambatan yang dapat dihindarkan)
  16. R = Rest (Istrirahat)
  17. H = Hold (memegang untuk memakai)

 Sedangkan prinsisp ekonomi gerakan adalah meminimalkan gerakan tubuh pada saat bekerja berdasarkan bahan baku dan peralatan yang digunakan. Serta keterbatasan manusia sendiri. Hal ini sangat terkait dengan tata letak tempat kerja dan peralatan kerja. Dalam perancangan kerja manual perlu dilakukan pengaturan fungsi kerja anggota badan lain seperti kaki atau keseimbangan beban tangan kiri dan kanan. Proses ini biasanya dilakukan dengan menggunakan Peta Kerja tangan Kiri dan kanan.

Keterbatasan manusia dalam bekerja secara manual diukur melalaui:

1.      Penggunaan energi selama bekerja

2.      Kerja Jantung

3.      Tekanan pada punggung

4.      Kemampuan pengangkatan berdasar stndar NIOSH 

Pertimbangan human factor  dalam penataan sistem kerja meliputi

1.      Aspek Fisik Kemampuan pekerja, bebean kerja gerakan kerja dan konsumsi energy tubuh manusia

2.      Sosio PsikologisKesesuaian sifat pekerja dengan lingkungan kerja dan pekerjaaannya. 

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GERAKAN DASAR: Jarak, berat beban, penggunaan penglihatan dan ketelitian.            

  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS

1. Human Factor 

  • Kemampuan kerja
  • Motivasi Kerja

2. Faktor  Teknologi : meliputi

  • Size and capacity of plant

  • Product design and standardization

  • Timely supply of materials and fuel

  • Rationalization and automation measures

  • Repairs and maintenance

  • Production planning and control

  • Plant layout and location

  • Materials handling system

  • Inspection and quality control

  • Machinery and equipment used

  • Research and development

  •  Inventory control

3. Managerial factors: kompetensi manager

4. Faktor Alam : iklim, geografis dll

5. Faktor Sosisologi: budayapekerja, sikap kerja, etnis

6. Faktor politik: hukum, stbilitas pemerintahan

7. faktor ekonomi : Pasar, fasilitas kredit, transportasi dan komunikasil dll             

PERANCANGAN KERJA DAN ANALISIS OPERASI

Faktor-Faktor yang mempengaruhi perancangan kerja 

     a. Analisis Pekerjaan     

 b. Analisis Pekerja    

  c. Analisis Lingkungan kera     

 d. Analisis Ergonomi     

e. Analisis teknolologi dan otomasi

elemen analisis pekerjaan:

  •    Description of tasks to be performed

  • Task sequence

  • Function of tasks

  •  Frequency of tasks

  •  Criticality of tasks

  • Relationship with other jobs/tasks

  •   Performance requirements

  •  Information requirements

  • Control requirements

  • Error possibilities

  • Tasks duration(s)

  • Equipment requirements

 Elemen analisis pekerja:

  • Capability requirements

  •  Performance requirements

  • Evaluation

  •    Skill level

  • Job training

  • Physical requirements

  • Mental stress

  • Boredom

  • Motivation

  •   Number of workers

  • Level of responsibility

  •  Monitoring level

  • Quality responsibility

  •  Empowerment level

 Elemen analisis lingkungan

  •   Workplace location

  •  Process location

  •  Temperature and humidity

  • Lighting

  • Ventilation

  • Safety

  • Logistics

  • Space requirements

  •  Noise

  • Vibration

 Dalam analisis operasi kerja digunakan alat bantu

  1. Peta Kerja

- peta Kerja keseluruha

  1. Peta proses opersi
  2. Peta aliran proses
  3. Peta kelompok kerja
  4. Diagram aliran
  5.  peta Kerja setempat
  6.  Peta pekerja dan mesin-
  7. Peta tangan Kiri dan kanan

2.   Daftar periksa (CHEKLIST)

o       Berhubungan dengan operasi kerja

o       Berhubungan dengan pemeriksaan

o       Berhubungan dengan transportasi

o       Berhubungan dengan menunggu dan penyimpanan

o       Berhubungan dengan perkakas dan perlengkapan

o       Berhubungan dengan mesino       Berhubungan dengan pekerja

o       Berhubungan dengan lingkungan kerja

3. Tujuh alat bantu perbaikan kerja

o       Histogram

o       Lembar Periksa

o       Diagram pareto

o       Diagram sebab akibat

o       Grafiko       peta kendali

o       Digram pencar

4. Tujuh alat bantu baru untuk perbaikan kerja

o Digaram hubungan

o Diagram afinitas

o Diagram sistematis/pohon

o Diagram matrik

o Metode matrix data analisis

o Metode PDPC (Process Decission Program Chart method)

o Metode diagram panah  

About these ads

16 thoughts on “ANALISIS PERANCANGAN KERJA

    sika said:
    Januari 15, 2008 pukul 12:42 pm

    materinya tolong di tambahkan. coz jurusan teknik industri masih sedikit bukunya

    ARI said:
    Maret 13, 2008 pukul 8:53 pm

    SAYA MAU TA TENTANG ERGONOMI DI PABRIK GARMEN .TOLONG MATERINYA DI TAMBAHIN

    JON said:
    Maret 14, 2008 pukul 2:33 pm

    Saya perlu info, kira2 ergonomi untuk pabrik gula gimana ya…?
    Rencana saya ngambil sekripsi dengan tema tata letak pabrik dihubungkan dengan motivasi kerja.

    anita said:
    Maret 25, 2008 pukul 5:29 am

    tolong di bahas tentang studi jam henti atau time study ya. thanks

    Ogi Situmorang said:
    Maret 28, 2008 pukul 2:07 am

    Tolong di jelaskan tentang materi mata kuliah analisis perencanaan kerja secara menyeluruh (segala sesuatu mengenai apapun yang dipelajari di dalam mata kuliah analisis perencanaan kerja!

    Tolong dijelaskan mengenai prospek program studi teknik industri secara global dan perkembangannya di Indonesia dalam jangka waktu 30-50 tahun ke depan!

    Terima kasih banyak.
    Ogi Situmorang
    Angkatan 2006
    Program Studi Teknik Industri
    Universitas INDRAPRASTA PGRI
    Pasar Minggu. Jakarta Selatan

    fetro marpaung said:
    April 14, 2008 pukul 9:02 pm

    tolong dijelaskan sistem perancangan tempat kerja ditinjau dari sisi enak,nyaman, aman, di industri mesin2 produksi

    Fetro H. Marpaung said:
    Mei 7, 2008 pukul 2:06 pm

    mengapa banyak karyawan yang mengeluh saat bekerja karena kelelahan akibat pengaruh lingkungan kerja yang tidak sehat, nyaman, enak. Tolong diberi penjelasan dengan bantuan gambar. Terima kasih.

    HANDRI LEKOMAN said:
    Juni 4, 2008 pukul 7:54 pm

    sejauh mana kemajuan TI setelah menerapkan sistem analisa perancangan kerja? apakah analisa perancangan kerja yang ada di Idonesia di terapakan juga di negara lain seperti Jepang? knapa industri negara maju lebih pesat dibanding negara kita, apakah ada perbedaan sistem yang menyolok?

    terimah kasih,
    Handri Lekoman
    D22106012
    UNHAS

    embuhh said:
    Agustus 3, 2008 pukul 12:22 pm

    ada contoh konkritnya nggak… selama ini taunya cuma baca buku.. tiap buku aja beda2… makasihh…

    teguh said:
    September 18, 2008 pukul 5:24 pm

    aku lagi nyari modul praktek analisa perancangan kerja (APK) tolong bantuinya

    terimakasih

    indra said:
    Oktober 5, 2009 pukul 6:47 pm

    tolong publikasikan contoh peta aliran proses produksi

    lagaknya said:
    Oktober 19, 2009 pukul 10:09 pm

    KLo bisa Bab MTM (Measurement Time Method)

    Ivan said:
    November 23, 2009 pukul 10:10 am

    Minta penjelasannya dong, thank you

    rudi kandra said:
    Desember 23, 2009 pukul 8:56 pm

    REFERENSINYA ADA DMN BIAR GAK REPOT NYARI BUKUNYA?TOLONG DIKASIH TAU YUCH?THANKS WRITERS

    Abd. Rahman. said:
    Januari 11, 2010 pukul 8:50 am

    kalo bisa materi MOST

    firman bayu said:
    Maret 5, 2011 pukul 10:15 am

    tolong bantu ya.lagi nyari materi WAI (work ability indeks) versi indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s