PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Posted on

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

resume oleh: Noor fitrihana

A. PENGERTIAN

Psikologi perkembangan merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati.

B. TEORI PERKEMBANGAN

4 pendekatan perkembangan meliputi : Kognitif, Belajar lingkungan, Etologi dan Imam Al Ghazali.

1. Pendekatan kognitif

a. Model dari Piaget

1. Sensomotoris 1-2 tahun pengetahuan dengan interaksi fisik

2. Praoperasional 2 – 6 tahun menggunakan symbol-simbol

3. Operasi konkret 6-11 tahun memecahkan masalah secara logis

4. Operasi formal 11tahun operasi mental tingkat tinggi

b. Model pemrosesan informasi

Input (lingkungan dan rangsangan)———-Proses (mengolah dan menyusun informasi) ————-output (tingkah laku)

c. Model Kognisi sosial —-kebudayaan menentukan perkembangan

2. Pendekatan belajar atau lingkungan

Perubahan tingkah lagu karena proses pengkondisian dan pembelajaran,

Skinner membagi dua

  1. Respondent Behavior : adanya tingkah laku karena reflek akibat adanya rangsangan dapat berupa respon fisik dan respon emosional.
  2. Operand Behavior : tingka laku sukarela krena dampak atau konsekuensi. Yang baik menyenangkan akan cenderung diulang dn yan tidak menyenangkan ditinggal.

3. Pendekatan etologi

Tingkah laku muncul karena bawaan (genetis)

4. Pendekatan Imam Al Gazhali

C. CIRI- CIRI PERKEMBANGAN

- Menghalami perubahan fisik dan psikis

- Perubahan proporsi fisik dan psikis

- Hilangnya tanda-tanda lama fisik dan psikis

- Timbulnya tanda tanda baru aspek fisik dan psikis

D. PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN

- Perkembangan proses yang tidak pernah berhenti

- Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi

- Perkembangan mengikuti pola dan arah tertentu

- Perkembangan terjadi dalam tempo berlainan

- Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas

- Setiap individu yang normal mengalami fase perkembangan

Arah perkembangan menurut Yelon dan Weinstein

  1. Cephalocaudal 7 proximal distal: Dari kepala ke kaki (Cepphlocaudal)

Dari tengan ke pinggir (proximal distal)

  1. Struktur mendahului fungsi

E. FASE PERKEMBANGAN

Fase perkembangan menurut Freud :

1. Fase oral : 0 – 1 tahun terfokus pada fungsi mulut)

2. Fase anal : 1 -3 tahun terfokus fungsi eliminatif (pembuangan kotoran)

3. Fase Phalis : 3 – 5 tahun

4. Fase latent : 5 – 12/13 tahun

5. Fase pubertas : 12.13 tahun – 20 tahn

6. Fase genetal : kematangan

a. Analisis Biologis

1) Aristoteles

Tahap I : 0 – 7 tahun masa anak kecil/bermain

Tahap II : 7 – 14 tahun masa anak/masa sekolah rendah

Tahap III : 14-21 tahun remaja/pubertas (peralihan anak menjadi dewasa)

2) Krestmer

Tahap I : 0 – 3 tahun masa fulung (pengisian) tampak pendek & gemuk

Tahap II : 3- 7 tahun masa Streckung (rentangan) tampak langsing & panjang

Tahap III : 7-13 tahun Fulung II tampak pendek dan gemuk

Tahap IV : 13-20 tahun Streckung tampak langsing

3) Elizabeth Hurlock

Tahap I : konsepsi/Prenatal, 280 hari dalam kandungan

Tahap II : 10 – 14 hari masa orok/infancy

Tahap III : 2 minggu – 2tahun Babyhood

Tahap IV : 2 – 11 Childhood

Tahap V : 11-21tahun masa Adolesence/ puberty, 11-13 pre adolescence,16-17 tahun early adolescence, late adolescence

b. Bedasar didaktis

1) Commenius

Tahap I : 0 – 6 tahun scola materna (sekolah ibu)

Tahap II : 6-12 tahun scola vernaculan (sekolah bahasa ibu)

Tahap III : 12-18 tahun scola latina (sekolah latin)

Tahap IV : 18-24 akademika

2) Rosssesau

Tahap I : 0 – 2 tahun usia asuhan

Tahap II : 2-12 tahun masa pendidikan jasamni dan panca indera

Tahap III : 12-15 tahun pendidikan akal

Tahap IV : 15-20 tahun pendidikan watak dan agama

c. Berdasar psikologis

1. Masa kegoncangan 1 : 4 tahun

2. Masa Kegoncangan 2 : 17 tahun

Dari 2 masa tersebut dijabarkan

- masa kanak-kanak 0-4

- masa keserasion sekolah 4 – 17

- masa kematangan >17.

Fase perkembangan kaitannya dengan proses belajar mengajar

- Masa pra sekolah : 0 – 6 tahun (masa vital(Freud :masa oral)& masa estetik

- Masa sekolah dasar : 6 – 12 tahun (masa kelas rendah dan kelas tinggi)

- Masa sekolah menengah : 12 – 18 tahun( pra remaja dan remaja)

- Masa Mahasiswa : 18 – 25 tahun (remaja akhir-dewasa)

F. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI PERKEMBANGAN

1. Keturunan

2. Lingkungan ( fungsi Keluarga, hubungan orang tua, social ekonomi , sekolah/pendidikan, dan teman sebaya)

G. TUGAS-TUGAS PERKEMBAGAN

1. Tugas perkembangan pada usia bayi dan kanak-kanak 0- 6 tahun

Belajar : berjalan, berbicara, makan, mengenal perbedaan pria wanita, kestabilan jasmani ,memebentuk konsep, hubungan emosional dengan orang tua, mengadakan hubungan baik dan buruk

2. Tugas perkembangan pada masa sekolah 6 – 12 tahun

Belajar: ketrampilan fisik, sikap sehat, bergaul, eksistensi diri, membaca, menulis,berhitung, mengembangkan konsep sehari-hari, mengembangkan kata hati, memperoleh kebebasan pribadi, mengembangkan sikap positif terhadp kelompok sosisal

3. Tugas perkembangan masa remaja

Menurut Wiliam Kay

- Menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya

- Mencapai kemandirian emosional

- Belajar bergaul secara individula dan kelompok (komunikasi minterpersonal)

- Menemukan idola

- Menerima keadaan dirinya dan percaya diri

- Memperkuat pengendalian diri

- Mampu meninggalkan sifat kekanak-kanakan

Menurut Luella Cole

- Kematangan emosional

- Pemantapan minat heteroseksual

- Kematangan sosial

- Rmansipasi dari kontrol keluarga

- Memilih pekerjaan/karir

- Menggunakan waktu senggang secara tepat

- Memiliki filsafat hidup

- Identifikasi diri

menurut Havigrus

- Mencapai hubungan lebih matang dengan teman sebaya

- Mencapai peran sosial wanita atau pria

- Menerima keadaan fisik dan menggunkan secara efektif

- Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya

- Mencapai jaminan kemandirian ekonomi

- Memilih dan mempersiapkan karir

- Mempersipakan pernikahan dan hidup keluarga

- Mengembangkan ketrampilan intelektual

- Mencapai tingkah laku yang bertangung jawab secara sosial

- Memperoleh seperangkat nilai dan norma dalam bertingkah laku

- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME

H. PERAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TUGAS PERKEMBANGAN

  1. Pencapaian tugas perkembangan melalui kelompok teman sebaya
  2. Mencapai perkembangan kemandirian pribadi
  3. Pengembangan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME

I. ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN

  1. Perkembangan Fisik (Syaraf, Otot, Kelenjar Endokrin, Struktur fisik )
  2. Perkembangan Intelegensi
  3. Perkembangan Emosi
  4. Perkembangan Bahasa
  5. Perkembangan Sosial
  6. Perkembangan Kepribadian
  7. Perkembangan Moral
  8. Perkembangan Kesadaran beragama

J. TIPOLOGI KEPRIBADIAN

a. Tipologi physis

1. Hipocrates – Galenus

- Sangui (darah) ”Sanguinis” :ekspansif, lincah, riang, tidak mudah putus asa, murah senyum dll . Filosofi api : panas

- Flegma(lympha) ”Flegmatis” : plastis, tenang, dingin, sabar, tidak mudah terpengaruh dll. Filosofi udara : dingin

- Choleri (empedu kuning)” Choleris” : garang, lekas marah, mudah tersinggung, pendendam, serius dll. Filosofi tanah :kering

- Melanchole (empedu hitam) “melancholis”: Kaku, muram penakut, pesimis dll. Filosofi air : basah.

2. Menurut Sigaud

- Motorik “muskuler” : badanya serba panjang,berspir dan bersudut

- Pernafasan”respiratoris”: wajah lebar dan dada membusung

- Pencernaan “digestif”: perut besar dan pinggangnya lebar

- Susunan syaraf sentral “ sebral” : langsing, tulang tengkoraknya atas lebar

3. Menurut Kretschmer

jasmani

- Piknis : badan serba bulat, pendek, gendut, bundar, berlemak, dada berisi

- Asthenis : badan langsing, serba panjang, dada rata, kepala kecil, wajah sempit

- Atletis : campuran piknis dan asthenis

- Desplastis : bentuk badan tinggi dan besar atau kecil dan pendek

Psikis

- Schizothim (sukar bergaul, egoistis, tidak banyak kawan)

- Cylothim (mudah bergaul, banyak teman)

4. Menurut Wiliam Sheldon

struktur fisik

- komponen jasmani primer

Endomorphhy : gemuk, lembut berat badan rendah

Mesomorphy : kokoh kuat ototnya bersegi segi dan tahan saki

Ectomorphy : jangkung, dada pipih, ototnya tida kelihatan

- komponen jasamani sekunder

Dysplasia : ketidak selarasan bentuk tubuh

Gynandromorphy : tubuh lembut, pinggul besar dan sifat kewanitaan

Texture : tampan

Analisa kepribadian

Viscertonia : rileks, suka hiburan, gemar makan-makan,membutuhkan orang lain, tidurnya nyenyak (ekstrovet)

Somatotonia : gagah, perkasa, terus terang,kebutuhan geraknya besar

Cerebrotonia : ragu-ragu, kurang gagah, reaksinya cepat, tidak berani bicara di depan umum, suka mengasingkan diri (introvet)

b. Tipologi Psikhis

1. Heymans

- Emosional : cepat memihak, fantasinya kuat, mudah marah, senang sensasi

- Aktivitas : suka bekerja, mudah bertindak, banyak hobi, tidak mudah putus asa,

- Fungsi sekunder : betah dirumah, taat adat, setia, konsekwen, besar berterima kasih

2, Ewald

- Penerimaan rangsang

- Penyimpan kesan

- Pengolahan rangsang

- Reaksi balik dari rangsang

3. Tipologi George Kerchenteiner

- Kekuatan kemauan

- Katajaman pendapat

- Kepekaan yang halus dalam perasaan

- Aufwulbarkait (lama mendalami getaran jiwa)

4. Tipologi Plato

- Fikiran kedudukan di kepala sumber kebijaksanaan

- Kemauan kedudukan di dada sumber keberanian

- Perasaan, kedudukan dalam tubuh bagian bawah sumber menahan hawa nafsu

5. Tipologi Querrat

- Cognisi (mengenal) ”ahli fikir”

- Emosi (merasa) ”ahli rasa”

- Conasi (menghendaki) ” ahli bertindak”

c. Tipologi Budaya

1. Riesman

- Kepribadian ditentukan Tradisi

- kepribadian dipimpin Rohaninya

- kepribadian ditentukan atas norma yang dikemukakan orang lain

2. E. Spranger

- Ekonomi : suka bekerja, agak kikir, mencari dan bangga dengan harta

- Politik: ingin berkuasa, menguasai orang lain, tidak mencintai kebenaran

- Sosial : senang berkorban, pandai bergaul

- Ilmu Pengetahuan : senang membaca, serba ingin tahu, gemar berfikir

- Kesenian : gemar mencipta , senang keindahan, hidup bersahaja

- Agama : senang memuja, hidupnya untuk Tuhan dan akhirat

3. W dan E Yaensash

Dasar penggolongan

- Geologis

- Tubuh

sehingga dibedakan 2 tipe kepribadian :

- Tetanoide : muka pucat, selalu sedih, matanya kecil, pendiam, segala sesuatu dipandang berat

- Basedowide : wajah mudah berubah, mukanya lebar, mudah bergaul, matanya hidup, banyak berpendapat

About these ads

55 pemikiran pada “PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    ran berkata:
    September 24, 2008 pukul 7:47 am

    terima kasih atas infonya
    karena artikel ini sangat menolong saya

    misscit berkata:
    Oktober 23, 2008 pukul 12:12 pm

    Terima kasih sekali dan terima kasih yang banyak seali
    artikel ini membantu saya dan teman sekelompok saya

    nindy berkata:
    Maret 9, 2009 pukul 1:03 pm

    sumber artikel tersebut dari buku apa y??
    terima kasih telah membantu tugas sy,,

    ayya berkata:
    April 4, 2009 pukul 4:35 pm

    ma’acih bgt….k’btulan 9i mo ujian, dn k’btlan mta kuliah’a m’ngenai prkmbangan psrta di”k.
    dn k’btlan lg bka intrnet t’nyata ada blog ini, duh…. senang’a bsa t’bantu, mksih y…..

    widya berkata:
    April 16, 2009 pukul 3:04 pm

    wah thanx bgtzzzzzz….cz tugas q ttg PPD dapat selesai dg cepat berkat situs ini…..

    agus sugiyanto berkata:
    Mei 2, 2009 pukul 6:37 pm

    o…. jadi begitu perkmbangan anak didik pada usia-usia 5-14 itu perlu adanya informasi yang postif2 toh, terimakasih atas infonya, setelah membaca ini sya jdi lebih mantap akan presentasi yang akan saya hadapi besok

    ukun berkata:
    Mei 4, 2009 pukul 7:17 am

    artikelnya bagus dan enak dibaca……….

    hana berkata:
    Mei 16, 2009 pukul 10:29 am

    terimakasih….
    untuk sumber perkembangan dari luella cole ada di buku apa ya???

    marsha berkata:
    Agustus 20, 2009 pukul 10:17 pm

    thanks your makalah…hal ini dapat membantu saya dalam menyelesaikan studyku….

    ade sanjaya berkata:
    Agustus 31, 2009 pukul 4:15 pm

    thanks makalahnya aku mau belajar sebelum kuliah dimulai heheh aku MABA tahun nih. ku siapin ilmu dulu biar bertempu ama dosen. jiakakakasakakakakak

    sholeh berkata:
    Oktober 3, 2009 pukul 7:09 am

    terimakasih atas terbitnya artikel ini
    artikel ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas perkuliahan…….!!!!!!

    WIWIX berkata:
    Oktober 4, 2009 pukul 12:52 pm

    thank’s buanget ya atas infonya!!

    fahmie berkata:
    Oktober 6, 2009 pukul 7:25 pm

    syukron ah tas artikel’a, izinin ych d’kopi . . . blsan’a dr alloh, amien…

    Valent berkata:
    Oktober 9, 2009 pukul 10:44 am

    trim’s bgt yach mBa’

    rya berkata:
    Oktober 9, 2009 pukul 11:22 am

    thanks ya mbak……………..to materinya.mdh2an dpt pahala yang banyak!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!amin

    muhamad willy A berkata:
    Oktober 12, 2009 pukul 6:40 pm

    MAKASIH MBAK Y

    barto berkata:
    Oktober 12, 2009 pukul 8:07 pm

    Thanks atas materinya,… dalam membuat makalah saya… saya seneng semuanya udah saya temui disini…

    Watix berkata:
    Oktober 13, 2009 pukul 5:41 am

    Wah lengkap b9t infony . .
    Maksh y . .
    Ni ngebantu q bt tgs kuliah
    Thx U

    cy berkata:
    Oktober 16, 2009 pukul 9:25 am

    seneng banget da blpg ne jd kebantu msalahx….

    adifia berkata:
    Oktober 29, 2009 pukul 10:38 am

    ijin untuk disebarkan…..

    mhd hudawy hrp berkata:
    Oktober 29, 2009 pukul 10:44 am

    Gimana y… Q ta’ tw gimana mmbilngknx,, krn di kmpus qm g da yg bs mnerangknx kcuali dosenx

    chyon berkata:
    November 7, 2009 pukul 11:34 am

    thazzzzzz bgtez yacch
    akhirnya tugas PPD kelar jg….

    hoba maconer berkata:
    November 10, 2009 pukul 11:41 pm

    thankzzzz buangetzzz yach…
    sangat membantu aku dalam mengerjakan tugas psikologi umum n psikologi pendidikan…GBU

    sholikhah berkata:
    November 13, 2009 pukul 6:28 pm

    kok nggak ada tentang hambatan dan solusi perkembangan peserta didik ya????

    minan berkata:
    November 15, 2009 pukul 12:22 am

    aq suka dengan artikel ini karna bisa membuat aq lebih tahu tentang perkembangan remaja.

    fitri berkata:
    November 19, 2009 pukul 8:18 pm

    bisa nggak faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik di jelaskan lebih rinci lagi……

    Gamarius berkata:
    Desember 2, 2009 pukul 9:57 pm

    makasih atas makalhnya….,
    dengan adanya makalah ini saya dapat menambah pengalaman

    LITA berkata:
    Januari 5, 2010 pukul 12:40 pm

    INFROM’NA MEMBANTU BGTZZZZ….. BT NYELESEIN TUGAS MAKALAH TA’ TENTANG PSIKOLOG PERKEMBANGAN
    !!!!!!!

    FRIESKA berkata:
    Februari 19, 2010 pukul 9:58 am

    tenkyu materinya ku copy, mo nanya kalo kemampuan awal peserta didik tu termasuk dmn ya?

    AWAN berkata:
    Maret 17, 2010 pukul 10:56 am

    THX INFONYA LENGKAP BANGENM BISA BANTU AKU MENYELESAIKAN TUGAS KULIAH.

    farul berkata:
    April 4, 2010 pukul 9:33 pm

    aplos. tapi masih ada yg perlu ditambahkan, dalam wilayah pendidikan. maksud sy adalah bagaimana tingkat perkembangan peserta didik dalam ruang lingkup proses pembelajaran khususnya disekolah.

    dina berkata:
    April 11, 2010 pukul 2:56 pm

    Terimakasih info nya menurut saya sangat relevan

    ARFAN MONOARFA berkata:
    September 22, 2010 pukul 3:25 pm

    ASSALAMUALAIKUM,…WAROHMATULLOHI WABAROKATU,.
    TERIMAKASIH ATAS ARTIKEL YG TELAH SAUDARA BUAT,.. ARTIKEL INI SANGAT BERGUNA BAGI KITA PARA MAHASISWA BIDANG PENDIDIKAN ATAU FAK ILMU PENDIDIKAN,.SAYA MAHASISWA DARI UNG (GORONTALO) ANGKT 2010 SANGAT TERTOLONG DENGAN ARTIKEL INI, OIA MOHON DONK DIMUAT JUGA ARTIKEL TENTANG “TEORI TEORI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MENURUT PARA AHLINYA”
    SEKIAN DAN TERIMAKASIH SALAM SUKSES BUAT SEMUA
    >,,<

    david berkata:
    September 28, 2010 pukul 4:42 pm

    makasih buaaaget

    akan saya jadikan sebagai bahan belajar saya dan minta izin di copi yaaaa

    irfan rahman S.pd berkata:
    September 29, 2010 pukul 12:38 pm

    Artikel PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK anda sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas2 kampus dan klu bisa tolong dikembangkan lgi,,,TERIMAH KASIH BANYAK, smoga bisa semakin berkembang lgi,,,,,

    david berkata:
    Oktober 1, 2010 pukul 3:44 pm

    tanks atas atikelnya

    minta izin di copi yaaaaaaaa

    erzasyah berkata:
    Desember 3, 2010 pukul 12:06 pm

    sangat membantuu
    makasi :)

    salmiah harahap berkata:
    Desember 5, 2010 pukul 9:44 pm

    thx…

    HERU berkata:
    Desember 30, 2010 pukul 9:25 pm

    MANTABBBBBBBB……

    admin responded:
    Desember 30, 2010 pukul 9:47 pm

    buat semua komen silahkan diapakan saja, semoga bermanfaat

    Hasanudin berkata:
    Maret 7, 2011 pukul 5:35 pm

    Tulisannya bagus, tapi referensinya belum dituliskan ya…..

    Tlong penjelasannya l'bih rinci lg agar mudah dimengerti.! berkata:
    April 11, 2011 pukul 8:55 pm

    TlonG penjelasannya lebih rinci lg agar mudah dimenGerti.?

    syamsul fadli berkata:
    Mei 6, 2011 pukul 6:03 pm

    maaaf yang buat makalah ni aku mau copyxxxx

    ana berkata:
    Mei 20, 2011 pukul 7:54 pm

    sukron…

    arief berkata:
    Mei 22, 2011 pukul 6:09 am

    mksih banyak atas artikelnya,bs jd belajar

    Ilham Agung berkata:
    Juni 24, 2011 pukul 2:37 am

    mantap

    Rasmian berkata:
    September 9, 2011 pukul 10:19 am

    makasih dah bantu materi ntuk presentasiQ

    Ratri Nuryani Qudwatullathifah berkata:
    September 25, 2011 pukul 7:00 pm

    makasih atas infonya..sangat membantu.

    Yulia Marlita berkata:
    Oktober 4, 2011 pukul 10:04 pm

    Terima kasihh,.,^_*
    Krna anda tugass saya siap jga,.,

    firman berkata:
    Oktober 16, 2011 pukul 1:52 pm

    artikel yang bagus,…sangat bermnft

    soakonora berkata:
    Mei 7, 2012 pukul 2:05 am

    artikel ini sngat mmbantu mhsiswa pd ummx. scra pribadi,,,, saya merasa tertolong akan hadirx artikel ini. sblm dan ssdahx makasih banyak, moga bermanfaat utk generasi yg brkelnjutan. aminnnnnn…..

    cah ayu berkata:
    Maret 19, 2013 pukul 8:23 pm

    mantebbbbbbb,,,,,,,,,,,,syukroooooonn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s