Batik Tour & Workshop

Studi Wisata Batik

Batik sebagai salah satu warisan budaya nenek moyang merupakan asset budaya yang tak ternilai harganya, oleh karena itu merupakan kewajiban kita bersama untuk senantiasa menjaga dan melestarikannya. Potensi batik Indonesia begitu besar dari sabang sampai merauke dengan berbagai motif tradisional yang penuh makna. Ada batik sumatera, batik Irian, batik Madura, batik Cirebon, batik Pekalongan, batik Lasem, batik Juwana, batik Solo dan batik Yogya. Guna melestarikan dan mempopulerkan batik B4D3 menawarkan program sudi wisata batik. 

Sasaran Program

Pelajar, mahasiswa, pengrajin, pemerintahan daerah/departemen dan masyarakat umum 

Bentuk Kegiatan

Wisata Batik Yogya: Mengunjungsi sentra batik yogya langsung ke pengrajinnya dan wisata belanja. Meliputi daerah Tirtodipuran, museum batik, Imogiri, Bantul, Kasongan, Pasar seni gabusan dan Malioboro. Kegiatan kemudian diakhiri dengan workshop batik.

Wisata batik Solo: Mengunjungsi sentra batik Solo  langsung ke industri batik dan wisata belanja di Solo. Kegiatan kemudian diakhiri dengan workshop batik.

Wisata Batik Lasem: Mengunjungsi sentra batik Bakaran di Juwana Pati dan Lasem Rembang, Tenun Troso di jepara kunjungan ke Pantai Kartini. Kegiatan kemudian diakhiri dengan workshop batik.

Wisata Batik Pacitan : Mengunjungsi sentra batik di Pacitan, kunjungan ke Pantai dan wisata Goa (goa Gong dna tabuhan). Kegiatan kemudian diakhiri dengan workshop batik.

 Wisata Batik Pekalongan: Mengunjungsi sentra batik dan industri sarung di Pekalongan. Kegiatan kemudian diltutup dengan workshop batik. 

Transportasi                           : Bus/mobil  AC

Biaya, waktu  dan tempat      : Negosiable   

6 thoughts on “Batik Tour & Workshop

  1. agoes November 26, 2007 / 12:32 pm

    bagaimana cara mengikuti wisata batik, apa ada perwakilan di surabaya? no. telp dan alamat yg bisa dihubungi? trim’s

  2. Noor Fitrihana November 26, 2007 / 7:53 pm

    silahkan hubungi kami di 02746570695 ato 081578704270

    kmohon maaf kami tidak memeiliki cabang di Surabaya. Jika anda berminat mengikuti program wisata batik mohon diinformasikan kepada kami jumlah hari, jumlah peserta, sentra batik mana aja yang ingin dilihat, apakah ingin mengikuti workshop sehingga kami bisa mengirim penawaran dan pelayanan yang baik kepada anda

    trims

  3. Andreasavi Agustus 15, 2010 / 12:29 pm

    Kpn ya kira – kira di Bojonegoro, Jawa Timur ada semacam ini. Bojonegoro kan juga punya batik jonegoroan yg gak kalah dg batik yg lainnya.
    Batik memang warisannya nenek moyang Indonesia.

  4. Fitri Juli 3, 2011 / 6:26 pm

    Applaus… buat semangat semua komponen yg berkarya dan memajukan batik Indonesia. Mengetahui semangat saudara2 semua, saya jadi lebih semangat tuk turut serta ambil bagian ke dlam barisan, yakni sebagai pendidik di institusi sekolah negeri. Insya Allah, dengan langkah yang sabar dan bijaksana, disertai dg doa pada Tuhan, bangsa Indonesia menjadi merdeka kembali dalam hal budaya dan perekonomiannya lewat usaha batik, tidak terjajah lagi oleh ekonomi dan budaya kapitalis. Jika ingin tidak terbelakan dan tidak ingin terdekte oleh bangsa lain, kita memang harus berbenah. Pertama, tumbuhkan terus rasa bangga sebagai bangsa Indonesia (salah satunya dg bangga mengenakan batik Indonesia kita), dan budayakan pula etos tata krama ke-Indonesiaan yg berbudi luhur tinggi dan ksatria. Merdeka !!! (Ditulis pada suatu hari di awal mendekati bulan Agustus)

  5. Fitri Juli 3, 2011 / 6:28 pm

    Applaus… buat semangat semua komponen yg berkarya dan memajukan batik Indonesia. Mengetahui semangat saudara2 semua, saya jadi lebih semangat tuk turut serta ambil bagian ke dalam barisan, yakni sebagai pendidik di institusi sekolah negeri. Insya Allah, dengan langkah yang sabar dan bijaksana, disertai dg doa pada Tuhan, bangsa Indonesia menjadi merdeka kembali dalam hal budaya dan perekonomiannya lewat usaha batik, tidak terjajah lagi oleh ekonomi dan budaya kapitalis. Jika ingin tidak terbelakang dan tidak ingin terdekte oleh bangsa lain, kita memang harus berbenah. Pertama, tumbuhkan terus rasa bangga sebagai bangsa Indonesia (salah satunya dg bangga mengenakan batik Indonesia kita), dan budayakan pula etos tata krama ke-Indonesiaan yg berbudi luhur tinggi dan ksatria. Merdeka !!! (Ditulis pada suatu hari di awal mendekati bulan Agustus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s