KONSEP PENINGKATAN KUALITAS

             Proses peningkatan kualitas pada dasarnya adalah bagaimana mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dan akan timbul untuk mencapai kualitas yang diharapkan. Peningkatan kualitas merupakakan aktivitas untuk mengukur kinerja, benckmarking dengan standar dan segala usaha sistematis untuk meningkatkan kinerja agar tercapai standar yang diharapkan.Dalam proses peningkatan kualitas yang terpenting adalah  bagaimana kita mampu menemukan gap (masalah) dan bagaimana mengatasi gap tersebut agar tercapai standar yang diharapkan. Untuk dapat menganalisa gap perlu dipahami prinsip dasar dalam peningkatan kualitas yaitu:

  1. Mengenali siapa konsumen dan apa keinginan konsumen kita
  2. Fokus pada proses
  3. Gunakan data untuk mengambil keputusan
  4. Memahamai variasi dalam proses
  5. Menggunakan teamwork untuk memecahkan masalah
  6. Lakukan peningkatan kualitas secara berkesinambungan
  7. Adanya komitmen dari manajemen

 Kinerja yang lebih baik adalah tujuan dari proses peningkatan kualitas. Beberapa  kriteria Proses peningkatan kualitas yang baik adalah:

  1.  
    1. Memenuhi harapan pelanggan (service, time, cost and quality)
    2. Meningkatkan pengendalian proses
    3. Mengurangi limbah
    4. Mengurangi biaya
    5. Menambah  segmen pasar
    6. Melibatkan karyawan
    7. Meningkatkan moral

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s